Friday, February 8, 2013

Cina tepis tudingan Jepang soal radar


Assalamu'alaikum wr wb dan salam dunia. Kementerian Pertahanan Cina menolak tudingan Jepang bahwa kapal induknya mengarahkan sistem radar pemandu senjata ke kapal dan helikopter Jepang.
Tuduhan tersebut, kata Kementerian Luar Negeri Cina, tidak faktual.
                                                                        
Kapal jenis fregate Jiangkai I yang dituduh mengarahkan sistem radar pemandu senjata ke kapal Jepang.


"Secara sepihak Jepang mengumumkan informasi keliru kepada media dan para pejabat senior  pemerintah Jepang mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang melebih-lebihkan hal yang disebut 'ancaman Cina'," tambah Kementerian Pertahanan."Pernyataan Jepang tidak mempunyai landasan fakta," pernyataan Kementerian Pertahanan pada Jumat (08/02).
Menanggapi pernyataan Cina, Jepang mengatakan reaksi negara itu tidak bisa diterima.
"Kita menunggu bagaimana Cina akan memenuhi kewajibannya untuk memberikan keterangan lebih jelas, tetapi Kementerian Pertahanan Cina mengatakan kepada Kedutaan Jepang di Beijing pada Kamis malam bahwa apa yang diumumkan Jepang tidak sesuai dengan kenyataan," kata Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.
"Kita telah membuat analisis hati-hati dan rinci tentang insiden ini di Kementerian Pertahanan dan kita bisa mengkonfirmasi hal itu," tambah Kishida.
Jepang sebelumnya menyebut langkah Cina yang mengarahkan sistem radar pemandu senjata ke kapal milik Angkatan Laut pada 30 Januari dan ke arah helikopter 10 hari sebelumnya merupakanKliktindakan provokatif dan berbahaya.
Cina dan Jepang saling menuduh meningkatkan ketegangan ketika sejumlah kapal dan pesawat kedua negara terus melakukan manuver di sekitar kepulauan Laut Cina Timur.

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/02/130208_jepang_cina_radar_pulau.shtml

Ditulis Oleh : Nizar // 6:30 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment