Wednesday, March 6, 2013

Kondisi Buta warna

Assalamu'alaikum wr wb. Teman-teman pasti suka melihat warna -warni setiap hari. Ada pohon yang berwarna hijau daunya, langit yang berwarna biru, bangku sekolah yang berwarna coklat kayu, atau lembaran buku teman-teman yang berwarna putih dengan garis-garis tipis berwarna biru.

Gejala Buta Mata
Gejala umumnya adalah kesulitan membedakan warna merah dan hijau, warna biru dan hijau, dan untuk gejala khusus yang lebih parah, objek yang ditangkap oleh mata hanya hanya terlihat dalam bentuk bayangan abu-abu dan penglihatan juga berkurang.

Klasifikasi Buta Warna

1.Trikmaromasi
  Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari stau atau lebih sel kerucut pa retina. Jeni buta warna sering dialami orang-orang. terhadap tiga klasifikasi turunan pada trikomasi, yakni protanomali, dimana seseorang buta warna lemah mengenal merah. Kedua, deuteromali yaitu kesulitan mengenal warna hijau. Ketiga, trinomali (low blue), yaitu kondisi dimana warna biru sulit di kenal penderita.

2.Dikromasi
  yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada. Pertama, Protanopia yaitu sel kerucut tidak ada. Terdapat tiga klasifikasi turunan. pertama, Pritanopia yaitu sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang. Kedua, Deuteranopia, ketika retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau. Ketiga, Tritanopia yaitu saat sel kerucut warna biru tidak ditemukan.

3.Monokramasi
   Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.

Ditulis Oleh : Nizar // 6:00 AM
Kategori:

1 comments:

  1. jadi ingat teman saya yang tidak bisa membedakan antara warna hijau dan biru. kelihatannya untuk warna-warna dengan spektrum dekat juga kesulitan.

    ReplyDelete